pemakaian oli paling lama berapa bulan – KM ?

23 07 2012

Tertarik menulis tentang seberapa lama pemakaian oli motor, setelah semalam melihat postingan bro http://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/07/22/oli-bagaikan-darah-kalo-darahnya-habis-yo-mesinnya-macet/ .

dan tentunya review lamanya oli mengendap di mesin si ijo ane (viar star cx) , soalnya belom ngetes pemakaian di silveria (shogun125) :D.

Entah kapan CXR lupa pengisian oli serta servis terakhir, dan tentunya CXR paling gak bisa ganti oli sendiri, takut kejadian baut oli dol :mrgreen: dan servis juga di bengkel langganan .. yaitu BMC :D :D ..

nah,, berhubung karena padatnya aktifitas dan bengkel langganan penuh sesak ya terpaksa niatan ganti oli ditunda dan,, kejadian tersebut berulang kali sehingga CXR taksir lama tidak ganti oli + servis si ijo yakni sekitar 4 bulan lebih dengan total kilometer hampir 4000KM  :shock:

apa gak bikin mesin rontok tuh ??

well,, selama pemakai dengan oli lama (karena lebih dari 2000KM) serta no servis selama 4bulan, tentunya performa sedikit turun, tapi ya masih mampu di geber 100kpj versi speedo :mrgreen: , dan alhamdulillah sampe detik ini tidak ada gejala negatif :D

dan yang paling CXR inget waktu ganti oli setelah 4bulan tersebut adalah ..kaget oeey … kapasitas oli cuma setengah ciduk (gayung) mandi :shock:

maklumlah … motor cina :mrgreen: eh taiwan denk,, eh..motor Indonesia :D
dan pemakaian oli selama ini lebih prefer ke Prima XP, walaupun ini oli mobil sih . tapi fine aja tuh, lagipula lumayan dapet 1 lter, dituang ke meisn 800ml ,, sisa 200ml disimpen sampe 4kali dapet  1oli lagi ,, xixixix

hayoo ?? seberapa lama gak ganti oli mesin motor anda ??

Tentang iklan-iklan ini

Aksi

Information

98 responses

23 07 2012
Novian Agung

Aneh udah hampir 1500KM nih

23 07 2012
Ari CX Rider

masih wajar :D

23 07 2012
Novian Agung

Tapi motor udah nggak wajar, alot pindah gigi :D

23 07 2012
Ari CX Rider

kudu di matengin biar empuk(dibakar kayak sate) :mrgreen:

23 07 2012
Kelana 97

Saya ganti tiap +/- 2000 km, Sampai hari ini masih baik baik saja.

23 07 2012
Ari CX Rider

masih wajar ya masbroo ?
paling ekstreem berapa lama ?? :D

23 07 2012
Kelana 97

Dalam satu bulan antara 2 sampai 3 kali ganti oli. Jadi siklus penggantian oli berpatokan km bukan bulannya.

23 07 2012
Ari CX Rider

iya mas ,
ane kadang juga pake hp untuk reminder KM n tanggal ganti oli n servis :D

23 07 2012
vixy182

biasax ane 2000-3000km , apabila suara mesin dah gak nyaman ganti deh…, :-) vixy182.wordpress.com/2012/07/18/test-konsumsi-bbm-si-vixiondengan-riding-style-rata2-kecepatan-80kmh/

23 07 2012
Ari CX Rider

emang sih broo ,, standarnya 2000-3000 :D
kalo duid lebih ya ganti per 1500 :D

23 07 2012
galah pengering

crystal karena 2tak oli mesin bisa 1 tahun lebih, pakenya mesran b40
hayate tiap 2000 km pake oli sgo
epyu diganti tiap 1000 km tiap habis gajian pake enduro racing
prima xp nggak cocok buat kopling basah dan putaran tinggi, katanya

23 07 2012
Ari CX Rider

jiah,, tornadoku mbiyen yooo 1th gak ganti oli :mrgreen:

tapi untuk gejala ngasap kok bisa ilang ya ?
pengalaman pake di shogun
pake shell malah ngasap ,,, trus pake prima xp, jadi no ngasap :D

23 07 2012
wishnutriwibowo

hayate ku nganggo oli mubil sing kuentel 15-50. Gnti tiap 2500km.

23 07 2012
gunungandul

q plg lama 2500km bro,,,prima xp bknnya oli mobil tu?apa kopling gk keras/alot tu…setau q peruntukannya beda meski sama2 pelumas

23 07 2012
Ari CX Rider

yupst, emang oli mobil mas teplok :mrgreen:
tp gimana ya ?? sudah nyaman aja pake oli ini ..
pernah nyoba enduro reseng malah tenaga ngemposs :D

23 07 2012
ipanase

megison 1 bulan ya 4000 an km

23 07 2012
Ari CX Rider

motor jepun ya wajar ,, xixiix
tanpa servis pie ??

23 07 2012
ipanase

serpis dw

23 07 2012
Ari CX Rider

ane gak iso servis :D

23 07 2012
galah pengering

1 bulan 4000km ? Nyambi bank thithil opo golek themon ra entok2 ?

23 07 2012
ipanase

seminggu 600 km, sebulan 2400 km, ralat ( po0koknya g nyampe 2 bulan koq cepet bgt 4000 kmnya ) hehe

23 07 2012
bapakeVALKYLA

aku mentok 3bln…

23 07 2012
Ari CX Rider

3 bulan abimanyu-ADA PP itnuk piro KM kui ?? wakakka

23 07 2012
bapakeVALKYLA

itungen dewe… :D

23 07 2012
Ari CX Rider

palingan yoo 500KM :mrgreen:

23 07 2012
bapakeVALKYLA

tp sering balik kaliwungu yoo…

24 07 2012
Ari CX Rider

ah mosookkk
?????

23 07 2012
kharis27

paaling lama ane ganti oli tergantung feeling aja hehe,.,.kalo udah keraasa ga enak sama suka susah oper gigi netral baru dah ganti heh

23 07 2012
Ari CX Rider

hehe,, daripada rusak ya broo :D

23 07 2012
adrian

ini opini apa mau yang fakta?
aku pernah tanya ke pabrikan yamaha. untuk motor scorpio disarankan 300o km, walau kenyataannya ku ganti tyiap 2500 km dah 4 tahun awet.

23 07 2012
Ari CX Rider

lebih baik sebelum daripada sesudah anjuran :D

23 07 2012
Blacketel

sudah tujuh bulan belum ganti, km baru 400 an. Gimana ya?.

23 07 2012
Ari CX Rider

pasti buat jjs aja nih motore ??

24 07 2012
axo92

ikut km aja nggak knpa2..

23 07 2012
nanared aka Papa Afnhy

sudah 2 bulan baru 1000 km,tapi biar lewat dulu,nunggu servis gratis plus olinya dulu :mrgreen:

24 07 2012
Ari CX Rider

wah,, enak’e yg masih dapet gratiss

23 07 2012
kid1708

vegar ane 3-4 bulan sekali, itu pun jarang nyentuh 1500km setiap ganti oli, maklum cuma untuk sekolah kalo main minjem motor masku wkwkwkwk

24 07 2012
Ari CX Rider

wah,, nyilehann

24 07 2012
Puguh

vega gak enak untuk jalan agak jauh, bikin pegel :D

25 07 2012
Ari CX Rider

kok bisa bro ?

23 07 2012
Alfido™

aq njaluk stiker’eeeeeeeeeee :D

http://alfido.wordpress.com/2012/07/23/edan-suzuki-nex-injeksi-tembus-294-km-per-liter/

apapun olinya, minumnya premium

24 07 2012
Ari CX Rider

hhehe ,,, gampang

23 07 2012
24 07 2012
Ari CX Rider

sipp ,, kudu diingat tanggalnya

23 07 2012
24 07 2012
Ari CX Rider

biar tenaga maksimal juga :D

23 07 2012
kenthoet

si jupie milik ane paling telat 3rbu km tapi sekarang rutin tiap 1rbu km dah tak ganti olinya :D

24 07 2012
Ari CX Rider

wih ,.. 1000km = sebulan ya bro ?

23 07 2012
kopi tubruk

kapan lagi ada duit lebih aja baru ganti,biasa cuma genti sama oli bekas aja yang disimpen di bengkel-bengkel cuma kasih serebu apa dua rebu untuk beli rokok,lumyan bro hemat :D, wajarlahy untuk motor supra fit butut eks bapak ane,motor jelek rugi kalo dirawat..kalo punya vixion motor idaman ane bakal ane rawatt

23 07 2012
ngawur

Supra fit dibilang busuk? Saya saja yang punya supra generasi pertama (tahun 97) pakainya enduro racing 3 bulan sekali, hitung-hitung sebulan cuman 15 ribu..

24 07 2012
Ari CX Rider

:D ane gak ikutan ahh :mrgreen:

23 07 2012
Dr.Feelgood

1500-1700an km, bulanan ane gk jadikan acuan, karena blum sebulan udah hampir segitu juga. servis jarang, klo ada duit servis sendiri aja. kecuali kalo udah males dan gk enak lagi performanya.

24 07 2012
Ari CX Rider

sip deh … ane malah ga bisa serviiss :D sndiri

23 07 2012
pieser solo

kalo sy paling 1500-2000 km br ganti, servis kalo motor sdh gak enak/brebet br diservis

24 07 2012
Ari CX Rider

sip bro ,
pacuannya emang sektitar segitu ya rata2 ?

23 07 2012
ax125

Kemlinthi gawe stiker barang :twisted: :mrgreen:

24 07 2012
Ari CX Rider

mumpung ono sponsor :mrgreen:

23 07 2012
z1rider

Trakir ganti 1550 km yang lalu brooo. Ntar deh kalo dah tembus 1600 km tak ganti.

24 07 2012
Ari CX Rider

tembuss 4ribu ae :D

23 07 2012
yudha depp

MENCARI TEMEN JOIN KOPI SAYA
GABUNG DI http://yudhadepp.blogspot.com YE
DITUNGGU KEHADIRAN MAS BRO-MAS BRO SEMUA

24 07 2012
Ari CX Rider

sip gan tekapee

24 07 2012
axo92

biasane pake feeling, kalo suara mesin udah agak kasar baru ganti..
nggak ngitung bulan sama km. :mrgreen:

minta stikere mas…

24 07 2012
Ari CX Rider

ntr tak titipin bimo96 wae ya ??

24 07 2012
axo92

walah, aku wae sama bimo jauh mas rumahe.. :mrgreen:

24 07 2012
Ari CX Rider

woallaa,, tk kiro cedhakk

24 07 2012
axo92

aku kenal bimo ya dari wp mas. :D

24 07 2012
axo92

mase di semarang to rumahe?

24 07 2012
Ari CX Rider

iyo broo ,, disemarang

24 07 2012
ax125

Paketke genuk nda’an ??
Nggo aku :mrgreen:

24 07 2012
Ari CX Rider

mrene mrene …

24 07 2012
Sam Sevenfoldism Samimawon

wah…………..
beat ane malah pernah hampir 6000km………..
untung aja gk ada gejala yg berarti…………
tapi emang olix AHM patut diacungin jempol dah………..

24 07 2012
Ari CX Rider

sip masbroo, tahan banting juga ya ?

24 07 2012
yellowduck

tergantung jenis motornya juga.
kalo motor honda generasi terbaru rata-rata 4.000km baru ganti oli, CBR lebih awet tuh olinya 10.000km baru ganti.
tapi kalo motor pada umumnya sih 2000-2500km wajib gantilah.
itung2 mesin tetep awet.
ga baek jg kalo sering2 ganti, soalnya makin banyak limbah juga toh.

24 07 2012
Ari CX Rider

iya masbroo,,, pencemaran

24 07 2012
Gogo

klo ane bkn brdsrkn km sih, tp rutin 3 bln sx. klo abis bwt atu mau jrk jauh biasanya jg ganti oli.

25 07 2012
Ari CX Rider

sip … wah 3bln sekali dpt brapa KM tuh ?

24 07 2012
Nofgi
25 07 2012
Ari CX Rider

yo’i ,, sutiker :D

25 07 2012
kipas angin

untuk motor2 honda percuma di genti oli rutin,pengalaman tigor 011 udah rajin ganti tapi mesin kletekk-kletekk..oli meler,,jadi sekarang aku hajar trus ga dibenerin percuma memang honda kualitas sampahh..oli pun sekarang pake oli bekas saja,rugi mending uangnya di beliin bakso. kadang2 pake oli untuk traktor/gardan minta ke paman gw yang kerja di United Trktor biar suara mesin alus :lol: …akhir bulan minang N250, kalo vixion udah ada punya adek

26 07 2012
Ari CX Rider

widiww,, ngeri juga bro :D

26 07 2012
semprul

ngapusi ………………

kalau ane 3 minggu sekali / 1000km

26 07 2012
aac

Supraku pernah 4000 km lebih baru ganti, kelupaan soalnya….. mesin jadi kasar banget emang…..

27 07 2012
Ari CX Rider

wah,, kdu servis besar

26 07 2012
bimo96

ckup 2000km aja :D gak mau ambil resiko :D

27 07 2012
Ari CX Rider

mumpung masih kinclong :D

28 07 2012
tunas

vega r sdh 1thn lbh, odo udh mati tpi prkiraan ya udh 10rb km lbh.
supra x 125 pake oli yg sama 6bln udh dsuru gnti oli, pdhl blm 10ribu km(hiks2).
rncn ny tu oli msg2 bwt pake 2-3taon lah, pokoke diatas 30rb km. blm ad gjala mslh sdikitpun, cmn ingin mmbuktikan ktahanan tuh oli.

31 07 2012
Ari CX Rider

ketahanan oli ato motor ?

31 07 2012
tunas

g tw mksd u, yg mn dluan aj lah yg jebol.
pd tw ny oli abal2 doang sih. capede

1 08 2012
Ari CX Rider

ahahhaa,, orang kaya nih kayake :mrgreen:

15 08 2012
doni

hahaha menyedihkan ya pada, bisa ngeblog… bisa internetan… tpi pengetahuan nya cuman sebatas oli yang cuma bisa dipake sebentar trus dibuang. manusia limbah semua… klo ngaku netters, cari info di web soal oli yang ga cuma hasil recycle doang yang cuman tahan sebulan-duabulan, tpi diluar sana ada yang pake sampai tahunan tuh udah biasa. trus lu orang kira cuman orang kaya doang yang bisa beli? mampus aja lu orang, klo cuman 100-200 ribu doang ga bisa beli

22 10 2012
emaz

mang kalau motor vega r pakai oli yang kapasitasnya 4000km , terus baru ke pakai 3 bulan , apa perlu di ganti ,???
soal nya bulan pertama pemakaian di pakai mudik ,???
masih ok ga mang oli nya ???

23 10 2012
Ari CX Rider

wah, kalo kebanyakan pengguna motor sih , ganti oli tiap 1500-2000 KM’an masbro
ya itung2 sirkulasi oli biar meisn awet

23 10 2012
emaz

emmmm waduhhhh masbro udah lebih dari 2000km kayaknya pemakaian oli nya wkwkwkkwkw ,….

masih bisa dipake berapa lama lagi oli mesinnya ???
tapi perasaan mah masih enak mesinnya tapi kalau diajak ke daerah pegunungan agak bergetar kasar hehehe

kalau oli yang bagus buat vega r keluaran pertama, oli yang kayak gimana yh masbro???
soalnya banyak oli palsu beredar !!!

24 10 2012
Ari CX Rider

kalo maslah amsih bisa atau engga sih masih bisa ..
tapi ya konsekuensinya tarikan mesin agak berat, agak berisik dsb . #pengalaman

24 10 2012
emaz

iya masbro hehe matur nuwun , hehehe

25 10 2012
Ari CX Rider

okebroo

27 03 2014
darto

oli memang cocok-cocokan bro

ane pernah pake oli yg bro pake
memang mesin halus, tarikan dari awal enteng
tapi lama kelamaan waktu pake kisck stater kadang suka ngeloss
ditanjakan kerasa ngebut tapi kesusul ama motor tipe yg sama
dan ternyata kopling habis :(
balik lagi deh ane pake oli khusus motor

3 05 2014
Daniel Susanto

ane 3500 km, gan,
ane pake BM 1.
gimana tuh?

yang mau nitip jemuran juga bole :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 866 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: