Knalpot aftermarket aman tilang, asal ber DB Killer

modif honda cb150r

Polemik dan peraturan yang sebagian besar pengguna motor yang suka akan performa kuda besi sedikit mengusik, yakni peraturan akan penggunaan knalpot ‘berisik’ memang agak kacau realitanya dilapangan, karena meskipun ada ambang toleransi, tapi prakteknya dilapangan, tidak ada alat untuk  melakukan pengecekan.. otomatis semua ikut digaruk . tak hanya kenalpot custom pinggir jalan, tapi knalpot high-end harga puluhan jutapun juga  ikut kena imbasnya ..

Nah .. mungkin sedikit screenshoot yang CXR dari beranda FB ini bisa sedikit memberikan hawa sejuk bagi pengguna knalpot aftermarket … tapi dengan satu syarat … harus ber-DB Killer dan dipasang .. bukan di tinggal di kardus nya :mrgreen:

peraturan knalpot

bunyinya begini :

“Sosialisasi

STANDAR TINGKAT KEBISINGAN KNALPOT KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.7 tahun 2009 ttg Ambang Batas kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe baru pada lampiran kedua, Setiap kendaraan bermotor tipe L (roda dua) yang ber CC kurang dari 175 CC standar kebisingannya 80 desibel. Sedangkan bagi motor ber CC lebih dari 175 CC standar kebisingannya 83 desibel.

Peraturan tersebut berlaku sejak 1 Juli 2013. Bagi knalpot pabrikan yang memiliki feature DB Killer sehingga tidak melanggar ketentuan tersebut diatas maka tidak masalah.”

.gimana bro ?? hayoook dipasang DB Killernya …

 

18 Komentar

  1. DB killer atawa Desibel Killer…Desibel sendiri satuan ukuran kekuatan suara.

    Nah yang diaplkasiin di knalpot freeflow yang disebut DB killer itu fungsinya mengurangi atau menurunkan kekuatan atawa kekencengan suara dari knalpot freeflow itu.

    Contoh di R9 bentuknya seperti ring gitu diletakan dan dikencangkan dengan baut di bibir knalpot R9..Bentuknya sih kecil tapi efek untuk menghilangkan suara besar..Tapi masih terdengar dikit apalagi kalo mesin digeber yaahh kedengeran juga. Tapi uda tidak sekenceng ketika ga make DB Killer..gitu sob..

    DB killer yang enak di NOB1 TriBold…Suaranya nyaris mirip knalpot motor standard lhoo..gw juga bingung suaranya kok alus banget ketika tribold dipake DB killernya..manteb2 deh.

  2. Permen LH tsb punya kelemahan :
    1. Permen tsb hanya mengatur kendaraan tipe baru,definisi tipe baru pd pasal 1 ayat (2),bgmn dgn kendaraan bermotor yg sdh beroperasi yg bkn termasuk definisi baru?
    2. Permen tsb berlaku pd thn 2013 untuk kendaraan bermotor tipe L atau motor roda 2, bgmn dgn kendaraan bermotor yg diproduksi dan sdh beroperasi sblm thn 2013?
    3. Metode pengukuran desible kebisingan kendaraan bermotor blm diatur tata caranya dlm permen,apakah diukur pd saat kendaraan menyala tanpa dibuka gas,atau saat digeber full.
    4. Metode pengukuran desible kebisingan hanya dilakukan di laboratorium terakreditasi psl 1 ayat (6) dan dilakukan oleh penanggung jawab usaha (produsen kendaraan) kerjasama dgn instansi lalu lintas, bukan dilalukan polantas dgn membawa desible meter atau hanya dgn feeling polantas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*