pemakaian oli paling lama berapa bulan – KM ?

Tertarik menulis tentang seberapa lama pemakaian oli motor, setelah semalam melihat postingan bro http://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/07/22/oli-bagaikan-darah-kalo-darahnya-habis-yo-mesinnya-macet/ .

dan tentunya review lamanya oli mengendap di mesin si ijo ane (viar star cx) , soalnya belom ngetes pemakaian di silveria (shogun125) :D.

Entah kapan CXR lupa pengisian oli serta servis terakhir, dan tentunya CXR paling gak bisa ganti oli sendiri, takut kejadian baut oli dol :mrgreen: dan servis juga di bengkel langganan .. yaitu BMC πŸ˜€ πŸ˜€ ..

nah,, berhubung karena padatnya aktifitas dan bengkel langganan penuh sesak ya terpaksa niatan ganti oli ditunda dan,, kejadian tersebut berulang kali sehingga CXR taksir lama tidak ganti oli + servis si ijo yakni sekitar 4 bulan lebih dengan total kilometer hampir 4000KM  😯

apa gak bikin mesin rontok tuh ??

well,, selama pemakai dengan oli lama (karena lebih dari 2000KM) serta no servis selama 4bulan, tentunya performa sedikit turun, tapi ya masih mampu di geber 100kpj versi speedo :mrgreen: , dan alhamdulillah sampe detik ini tidak ada gejala negatif πŸ˜€

dan yang paling CXR inget waktu ganti oli setelah 4bulan tersebut adalah ..kaget oeey … kapasitas oli cuma setengah ciduk (gayung) mandi 😯

maklumlah … motor cina :mrgreen: eh taiwan denk,, eh..motor Indonesia πŸ˜€ …
dan pemakaian oli selama ini lebih prefer ke Prima XP, walaupun ini oli mobil sih . tapi fine aja tuh, lagipula lumayan dapet 1 lter, dituang ke meisn 800ml ,, sisa 200ml disimpen sampe 4kali dapetΒ  1oli lagi ,, xixixix

hayoo ?? seberapa lama gak ganti oli mesin motor anda ??

Follow me

98 Komentar

  1. crystal karena 2tak oli mesin bisa 1 tahun lebih, pakenya mesran b40
    hayate tiap 2000 km pake oli sgo
    epyu diganti tiap 1000 km tiap habis gajian pake enduro racing
    prima xp nggak cocok buat kopling basah dan putaran tinggi, katanya

  2. q plg lama 2500km bro,,,prima xp bknnya oli mobil tu?apa kopling gk keras/alot tu…setau q peruntukannya beda meski sama2 pelumas

  3. ini opini apa mau yang fakta?
    aku pernah tanya ke pabrikan yamaha. untuk motor scorpio disarankan 300o km, walau kenyataannya ku ganti tyiap 2500 km dah 4 tahun awet.

  4. kapan lagi ada duit lebih aja baru ganti,biasa cuma genti sama oli bekas aja yang disimpen di bengkel-bengkel cuma kasih serebu apa dua rebu untuk beli rokok,lumyan bro hemat :D, wajarlahy untuk motor supra fit butut eks bapak ane,motor jelek rugi kalo dirawat..kalo punya vixion motor idaman ane bakal ane rawatt

  5. 1500-1700an km, bulanan ane gk jadikan acuan, karena blum sebulan udah hampir segitu juga. servis jarang, klo ada duit servis sendiri aja. kecuali kalo udah males dan gk enak lagi performanya.

  6. tergantung jenis motornya juga.
    kalo motor honda generasi terbaru rata-rata 4.000km baru ganti oli, CBR lebih awet tuh olinya 10.000km baru ganti.
    tapi kalo motor pada umumnya sih 2000-2500km wajib gantilah.
    itung2 mesin tetep awet.
    ga baek jg kalo sering2 ganti, soalnya makin banyak limbah juga toh.

  7. untuk motor2 honda percuma di genti oli rutin,pengalaman tigor 011 udah rajin ganti tapi mesin kletekk-kletekk..oli meler,,jadi sekarang aku hajar trus ga dibenerin percuma memang honda kualitas sampahh..oli pun sekarang pake oli bekas saja,rugi mending uangnya di beliin bakso. kadang2 pake oli untuk traktor/gardan minta ke paman gw yang kerja di United Trktor biar suara mesin alus πŸ˜† …akhir bulan minang N250, kalo vixion udah ada punya adek

  8. vega r sdh 1thn lbh, odo udh mati tpi prkiraan ya udh 10rb km lbh.
    supra x 125 pake oli yg sama 6bln udh dsuru gnti oli, pdhl blm 10ribu km(hiks2).
    rncn ny tu oli msg2 bwt pake 2-3taon lah, pokoke diatas 30rb km. blm ad gjala mslh sdikitpun, cmn ingin mmbuktikan ktahanan tuh oli.

  9. hahaha menyedihkan ya pada, bisa ngeblog… bisa internetan… tpi pengetahuan nya cuman sebatas oli yang cuma bisa dipake sebentar trus dibuang. manusia limbah semua… klo ngaku netters, cari info di web soal oli yang ga cuma hasil recycle doang yang cuman tahan sebulan-duabulan, tpi diluar sana ada yang pake sampai tahunan tuh udah biasa. trus lu orang kira cuman orang kaya doang yang bisa beli? mampus aja lu orang, klo cuman 100-200 ribu doang ga bisa beli

  10. mang kalau motor vega r pakai oli yang kapasitasnya 4000km , terus baru ke pakai 3 bulan , apa perlu di ganti ,???
    soal nya bulan pertama pemakaian di pakai mudik ,???
    masih ok ga mang oli nya ???

      • emmmm waduhhhh masbro udah lebih dari 2000km kayaknya pemakaian oli nya wkwkwkkwkw ,….

        masih bisa dipake berapa lama lagi oli mesinnya ???
        tapi perasaan mah masih enak mesinnya tapi kalau diajak ke daerah pegunungan agak bergetar kasar hehehe

        kalau oli yang bagus buat vega r keluaran pertama, oli yang kayak gimana yh masbro???
        soalnya banyak oli palsu beredar !!!

  11. oli memang cocok-cocokan bro

    ane pernah pake oli yg bro pake
    memang mesin halus, tarikan dari awal enteng
    tapi lama kelamaan waktu pake kisck stater kadang suka ngeloss
    ditanjakan kerasa ngebut tapi kesusul ama motor tipe yg sama
    dan ternyata kopling habis πŸ™
    balik lagi deh ane pake oli khusus motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*