Motor bersasis teralis itu 'wajib' kekar

 

Frame tralis untuk motor, sepertinya memang bukan hal yang baru lagi. Dari ducati monster, streetfighter dll. sudah terlebih dahulu menggunakan frame ini. Tapi apa yang menarik terhadap sasis teralis ini ? karena bakalan digunakan untuk motor berkubikasi kecil (150cc) . Karena jika kita melihat sasis tralis di motor moge kita pasti tidak takjub lagi alias sudah biasa. Tapi jika diaplikasikan di motor yang berkubikasi jauh di bawah level moge ? pasti kita berandai-andai dan penasaran.

http://triatmono.files.wordpress.com/2012/06/trellis.png?w=460&resize=413%2C306

Sasis tralis yang diusung oleh motor moge memang sangat wah, mengingat dimensi mesin , ban dll memang sangat mendukung alias sangat kekar. Tetapi bagaimana jika frame ini digunakan terhadap motor yang dimensinya minim (ban), tentunya secara tampilan bakalan ‘jomplang’ walaupun engine mumpuni di kelasnya.

Karenanya, sasis model tralis ini memang di cap sebagai motor kekar, apa jadinya jika nantinya sang k15 honda secara dimensi ban tak jauh dari ukuran old vixion/old cbr 150 ??

http://iwanbanaran.files.wordpress.com/2010/02/cbr150blue.jpg

 

karena k15 bakalan di head to head terhadap vixion, tentunya segi  tampilannya pun hampir mirip vixion #upsst . bagaimana jika sang k15 secara dimensi seperti old vixion ? masihkah kekar ?

http://www.tdwclub.com/attachment.php?attachmentid=212&d=1316173129

Follow me

27 Komentar

  1. setubuuuhhh boss ini yang saya bilang mengenai penggunaan rangkat tralis.. mungkin udah pakem jadi kelihatan (wajib) klo pake rangka tralis motor harus kekar atau gembot, tapi lain ceritanya klo beda konsep.. 😀

  2. rangka teralis sepertinya tidak dibuat menopang mesin, tapi hanya menghubungkan bagian belakang motor dengan komstir. lihat saja rangka dukati diatas, justru rangkanya yang nemplok di mesin ? bahkan arm juga berporos di blok mesin. jadi kalo mesin dilepas, motor nggak bisa digelindingkan. lha kalo teralisnya k-15 ? mboh ah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*