Iklan

Sistem ‘KO’ saat kualifikasi motogp 2013

16 10 2012

Selalu ada peraturan baru, baik aygn diuabah maupun ditambah , itulah motogp . Demi sebuah tontonan yang mengasyikkan . Sang pengelolapun berusaha sedemikian pula agar semakin seru dan menarik di pentas balap paling ditunggu-tunggu ini.

Tapi yang terbaru dari peraturan motogp nantinya adalah peraturan sistem Knock Out saat sesi kualifikasi, berikut kutipan yang CXR peroleh dari kompas

MOTEGI, KOMPAS.com – MotoGP melakukan perubahan sistem pada sesi kualifikasi untuk musim 2013. Mereka sedikit meniru apa yang sudah dilakukan oleh Formula 1 dan Superbike, yang menggunakan sistem knockout.

Namun ada sedikit perbedaan dalam penerapan. Tidak seperti F1 dan WSBK, MotoGP akan tetap memperhitungkan performa latihan bebas, dengan 10 pebalap teratas akan maju ke bagian kedua dan final dari kualifikasi, ketika 12 pebalap terdepan di grip ditentukan.

Semua pebalap yang terlempar dari 10 besar setelah latihan bebas ketiga, akan ambil bagian di kualifikasi pertama. Nah, dua pebalap tercepat di sesi ini berhak maju ke QP2.

Dua bagian dari kualifikasi itu hanya berdurasi 15 menit, di mana sesi latihan bebas baru (keempat) selama 30 menit itu ditambahkan sebelum kualifikasi.

Keuntungan utama dari sistem baru ini akan dirasakan para pebalap CRT, yang akan meletakkan fokus utama untuk QP1 dan juga bagi tayangan TV yang mendapatkan tambahan waktu untuk para sponsor mereka. Sedangkan bagi para pebalap di depan, sistem ini membuat mereka memiliki lebih banyak ruang di trek saat QP2.

Saat ini, kualifikasi MotoGP berlangsung selama 1 jam. Di atas lintasan, kerab terjadi keramaian, yang kadang membuat para pebalap tak bisa menggeber motornya secara maksimal.

Berikut penjelasan lengkap mengenai sistem baru, seperti yang dikeluarkan FIM:

Prosedur kualifikasi baru

1. Tiga sesi latihan bebas yang sudah berlangsung selama ini tidak akan berubah, meskipun kombinasi waktu dari semua sesi itu akan menentukan partisipasi pebalap di qualifying practice (QP) terakhir.

2. Sepuluh pebalap tercepat akan bertarung di QP2.

3. Semua pebalap lain akan ambil bagian di QP1.

4. Dua pebalap tercepat di QP1 akan maju ke QP2, yang membuat total ada 12 pebalap yang berkompetisi untuk memperebutkan 12 posisi di grid.

5. Para pebalap yang tidak masuk di dalam dua tercepat saat QP1 akan menempati posisi 13 dan selanjutnya, menurut catatan waktu terbaik mereka saat QP1.

Latihan baru dan jadwal kualifikasi

Hari 1:

Latihan bebas 1: 45 menit (tak berubah) ikut menentukan waktu untuk berpartisipasi di kualifikasi.
Latihan bebas 2: 45 menit (tak berubah), waktu untuk berpartisipasi di kualifikasi.

Hari 2:

Latihan bebas 3: 45 menit (tak berubah), waktu untuk berpartisipasi di kualifikasi.
Latihan bebas 4: 30 menit (baru), tak menentukan waktu untuk berpartisipasi di kualifikasi.
Istirahat 10 menit
Qualifying Practice 1: 15 menit (baru)
Istirahat 10 menit
Qualifying Practice 2: 15 menit (baru)

 

Gimana tuh ?? makin ribet aja deh.. atau untuk menguntungkan satu pihak ? I dont know .. yang penting tontonannya gak mbosenin aja :mrgreen:
kira kira gimana nasib sang CRT ?

Iklan

Aksi

Information

26 responses

16 10 2012
phantomxy

woooooow

16 10 2012
Ari CX Rider

eeeeewwwwwww

17 10 2012
17 10 2012
Ari CX Rider

betul.. mirip2

16 10 2012
gaplek mania

mbuh lah….mumets

16 10 2012
Ari CX Rider

sst,, ojo bingung

16 10 2012
paedhimas

belum jelas,Pak.. Tolong jelaskan lagi dg cara yg lbh gamblang.. šŸ˜‰ http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/10/16/rantai-lah-yang-sering-di-sepelekan/

16 10 2012
Ari CX Rider

ane aja bingung jelasinnya šŸ˜€

16 10 2012
kensanders99

Makin bingung aku dengan peraturan nya waaalaaah ribet !!!

16 10 2012
Ari CX Rider

ane jg bingung..hehe

16 10 2012
nzahry

wah.. yg motor CRT nasibnya gimana tuch…?

16 10 2012
Ari CX Rider

barisan belakang aja laaah

17 10 2012
nzahry

Waduch…. kasihan dong mas…

17 10 2012
Ari CX Rider

ya nasibbb

16 10 2012
Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition)

dukung wae lah…
eniwei itu team CRT gak pake spek WSBK ya?
gw liat2 pencapaian waktu WSBK lebih cepat dari pada MotoGP…

16 10 2012
Ari CX Rider

walah, entah regulasinya gimana bang, soale ane ga paham CRT2an šŸ˜€

16 10 2012
mydasign

yg ane tau CRV, CRZ, sama CRF kang.xixixixi…

17 10 2012
Ari CX Rider

walah,, jajaran premium semuaa

17 10 2012
Miko

manteeeep
buat jualan iklan CRT n buat serunya QP papan atas…
tapi yg jelas pembalap tercepat dr QP1 bisa ambil anginya pembalap papan atas hehehe… n gak umpel2an kyk skrg, n berakibat seperti Stoner n RDP lemans 2011
tapi salut buat Dorna kasian kalo CRT jarang disorot…!

17 10 2012
Ari CX Rider

hehe, semoga makin seru aja šŸ˜€

17 10 2012
bapakeVALKYLA

mbulet..
sing penting ngerti hasil akhire wae..

18 10 2012
Ari CX Rider

sip, penting anisa cibi šŸ˜€

18 10 2012
bapakeVALKYLA

Jessica SNSD
:mrgreen:

18 10 2012
Ari CX Rider

šŸ˜Æ

Ryo Uehara :mrgreen:

18 10 2012
bapakeVALKYLA

sopo kui?

18 10 2012
Ari CX Rider

cek mbah gugle

yang mau nitip jemuran juga bole :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: