Mengenal Pentingnya Oli Gear Pada Motor Matic

Cxrider.com – Masbro n sis sekalian, sepeda motor khususnya skuter matik (skutik) dengan kapasitas 125 cc menjadi pilihan favorit bagi mayoritas masyarakat Indonesia, karena terbilang praktis dan cepat untuk mobilitas harian. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengguna motor skutik hingga saat ini. Seiring peningkatan jumlah pengguna skutik, maka pemahaman pengendara terhadap komponen sepeda motor sangat penting.

“Sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas. Pada sepeda motor skutik terdapat 2 jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear. Peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi. Melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar,” tutur Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

 Oli Gear seringkali disebut oli transmisi atau oli gardan yang memiliki fungsi serupa dengan oli mesin. Perbedaannya jika oli mesin sebagai pelumas komponen part pada mesin, sedangkan oli gear melumasi komponen part pada transmisi. Sebagai pengguna sepeda motor skutik, wajib mengetahui peran dan fungsi dari oli transmisi seperti :

1.           Melumasi komponen yang bergerak seperti gear dan bearing-bearing transmisi agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan

2.           Melindungi gear dan bearing dari korosi atau karat. 

3.           Sebagai peredam getaran suara pada transmisi.

 

Pastikan memeriksa kondisi oli mesin dan oli gear maksimal setiap kelipatan 3.000 km atau 3 bulan. Kemudian wajib mengganti oli gear maksimal setiap kelipatan 12.000 KM atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor tetap optimal dan mencegah komponen gear cepat aus.

 

Terdapat beberapa langkah mudah untuk memeriksa oli gear skutik Yamaha secara praktis, diantaranya:

1. Pertama, posisikan sepeda motor dengan standar tengah diatas bidang yang rata.

2. Buka penutup oli gear, periksa kondisi oli gear dengan memasukan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukan.

3. Lihat warna oli pada obeng yang telah dimasukan sebelumnya. Oli dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan oli yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer.

4. Untuk mengecek kebocoran pada oli gear, periksa seal pada penutup lubang pengisian oli dan baut pada lubang pembuangan dalam keadaan baik dan bersih. Jika seal sobek / getas dan lubang pembuangan kotor menjadi indikasi kebocoran

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*