Perawatan Gear Motor Sport

Cxrider.com – Motor sport adalah salah satu tipe motor yang digemari oleh konsumen yang digunakan baik untuk kendaraan harian maupun hobi. Pada motor sport terdapat gear yang berfungsi untuk pemindah daya dari mesin ke roda belakang. Untuk menjaga agar fungsi tersebut tetap optimal, maka konsumen perlu memperhatikan perawatannya.

Berikut sejumlah poin tips perawatan gear motor sport sebagai berikut :

1.Rajin membersihkan

Pada saat musim hujan seperti saat ini gear motor sport rawan kotor dan terkena cipratan air. Oleh sebab itu rajin membersihkan gear tersebut dengan cairan pembersih khusus gear dan rantai. Jangan menggunakan oli bekas karena bisa membuat debu dan kotoran justru lebih menempel.

2.Rutin melakukan pelumasan

Selain menjaga kebersihan, jangan lupa untuk rajin melumasi gear motor sport dengan cara menyemprot menggunakan pelumas khusus gear dan rantai. Hal tersebut agar mengurangi gesekan dan kotoran yang bisa menyebabkan umur pakai gear dan rantai semakin pendek. Disarankan untuk melakukan pelumasan minimal satu kali dalam seminggu.

3.Penyetelan gear dan rantai

Penyetelan gear dan rantai bisa dilihat di buku manual kendaraan sepeda motor, kekencangan rantai harus diperiksa setiap sebelum berkendara, dan disetel jika diperlukan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi Yamaha jika ingin melakukannya penyetelan rantai sendiri.

4.Service berkala

Bagian rantai dan gear, akan selalu dilakukan pemeriksaan sesuai jadwal perawatan berkala, jika sudah di luar standard maka teknisi akan melakukan penyetelan, jika rantai sudah terlalu renggang dan gear sudah terlalu aus, maka wajib dilakukan pergantian satu set. Kekencangan rantai yang tidak tepat akan membebani mesin dan komponen-komponen vital lainnya sehingga rantai dapat slip atau putus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*