7 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Kondisi Motor Tetap Prima di Musim Hujan

 

Memasuki musim hujan, selain harus lebih hati-hati saat berkendara, para pengendara juga harus memperhatikan perawatan sepeda motor agar aktifitas tetap dapat berjalan dengan lancar.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan perawatan sepeda motor saat musim hujan diantaranya seperti,

  1. Gunakan Penutup Rantai Motor Untuk Tipe Motor Moped Dan Sport

Air hujan memiliki kandungan zat asam, karenanya jika terkena rantai motor kemungkinan bisa mengakibatkan karat. Kalau sepeda motor tidak menggunakan penutup rantai tentunya akan sangat rentan dapat menimbulkan karat pada rantai.

 

  1. Periksa Kondisi Alur Ban

Alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan, dan tekanan udara pada ban berfungsi agar pengendalian stang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut. Jika kondisi alur ban tidak layak, maka dapat mengakibatkan slip.

 

  1. Pastikan Kampas Rem Dalam Kondisi Bersih

Kampas rem terbuat dari bahan asbes, jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering. Karenanya, Kampas rem harus selalu dibersihkan setelah terkena air hujan. Untuk pemeriksaannya bisa dilihat dari arah depan dan untuk tipe cakram dengan melihat ketebalan Kampas rem motor, sedangkan untuk rem belakang dilihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak.

 

  1. Lakukan Pengecekan Dan Penggantian Busi Secara Berkala

Pemeriksaan tutup busi dapat dilakukan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih.

 

  1. Pastikan Komponen Saringan Udara Tidak Tersumbat

Jika basah akibat air hujan maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu dan juga performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga. Untuk itu, lakukan pengecekan dan penggantian secara berkala.

 

  1. Pastikan Bagian Dalam Leher Knalpot Dalam Keadaan Bersih

Kotoran yang timbul akibat air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian bodi dan spakbor, juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan bagian tersebut agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.

 

  1. Untuk Motor Yang Memiliki Bodi Terbuka Pastikan Kabel Aman Dari Air

Jika bagian socket atau kabel terkena air maka akan menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen motor yang lainnya. Jangan sampai lampu utama sepeda motortidak berfungsi, karena saat menembus hujan  dibutuhkan sistem penerangan yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*