Begini Cara Perawatan Kampas Kopling Motor

Cxrider.com – Kampas kopling sepeda motor berfungsi untuk penghubung putaran mesin ke gigi transmisi.

Jika kampas kopling bermasalah, akan mengganggu fungsinya dan tanda-tanda kampas kopling harus diganti diantaranya terjadi slip saat perpindahan gigi dan motor menjadi tidak bertenaga.

Untuk itu, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan perawatan kampas kopling. Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan beberapa poin berikut :

1.Gaya berkendara

Pada saat stop n go jaga putaran mesin / rpm tidak boleh terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan gesekan pada kampas kopling akan semakin besar.

2.Jangan terlalu sering menahan setengah kopling

Pada saat mengendarai sepeda motor, apabila ingin mencapai di kecepatan tertentu jangan terlalu sering menahan setengah kopling, karena bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

3.Settingan kopling

Saat melakukan setting kopling sepeda motor, disarankan untuk tidak terlalu jauh gap antara handle dan tuas sepeda motor.

4.Rutin mengganti oli dan filter

Karena kopling sepeda motor terletak di dalam mesin dimana oli mesin ikut melumasi komponen kopling, apabila kualitas oli mesin sudah kurang baik disarankan untuk segera mengganti oli serta filternya, agar fungsi pelumas bekerja maksimal untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang umur dari kampas kopling. Dianjurkan juga untuk menggunakan oli standar dari tipe motor masing masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*