Tips Agar Berkendara Motor Lebih Aman Dan Tidak Cepat Lelah

Cxrider.com – Berkendara dengan sepeda motor tentu saja lebih efisien dan juga mengasyikan. Dengan moda transportasi roda dua kita bisa berkendara dengan lebih cepat dan lebih hemat. Namun berkendara dengan motor tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, khususnya posisi tubuh saat berkendara agar lebih aman dan tidak cepat lelah.

Berikut tips yang agar aman dan tidak cepat lelah dapam berkendara :

1.Sesuaikan posisi duduk sesuai postur pengendara serta relaks dan duduk di tengah jok motor, tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping. Hal ini sangat penting, karena bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.

2.Posisikan kaki di tempat foot peg/injakan kaki yang sudah disediakan. Posisi kaki mendekap tangki untuk motor sport atau berada di dalam cover depan untuk motor matik untuk menjaga keseimbangan, sehingga pengendalian motor akan lebih mantap dan tubuh tidak mudah lelah.

3.Lemaskan otot bahu dan siku saat memegang stang motor. Saat berkendara tentu pengendalian motor juga bertumpu pada tangan. Posisikan bahu dan siku kita seolah-olah memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Posisikan genggaman tangan di stang dengan relaks dan kekuatan yang cukup, dengan ini lengan kita bisa lebih nyaman dan pengendalian motor bisa lebih leluasa.

4.Pandangan luas ke depan, arahkan pandangan dan kepala luas ke depan, dengan ini bisa mengantisipasi kondisi jalanan lebih baik.

Dengan tips tersebut diharapkan membantu membuat posisi tubuh saat berkendara lebih baik, yang menunjang kenyamanan ketika berkendara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*